skip to Main Content
BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT

BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT

Yups, tentunya Mac entah itu iMac ataupun MacBook sampai saat ini masih menjadi senjata andalan para Editor dan Content Creator, namun seiring seringnya pemakaian dan data menumpuk, seringkali MacBook atau iMac kamu mengalami Overheat tiba-tiba tanpa kamu tahu penyebabnya Joe…

Hal ini terkadang sangat mengganggu dan menyebabkan MacBook atau iMac kamu Lag atau lemot yang menghambat kamu berkarya ya Joe…

Gejala Overheat ada beberapa Joe… yang akan kamu alami saat MacBook atau iMac kamu Overheat adalah saat Aluminium terasa panas sehingga MacBook atau iMac kamu lemot, lalu MacFan berdesing keras dan bising akan menandakan bahwa MacBook atau iMac kamu sudah mengalami Overheat Joe…

Tapi apakah ini berarti Mac kamu mengalami kerusakan serius? Jangan panik dan ketahui beberapa penyebabnya, lalu ikuti beberapa tips dibawah saat MacBook atau iMac kamu mengalami Overheat ! Scroll terus ketikan capek Masmin iJOE Apple Service And Workshop Surabaya dalam website : www.ijoe.co.id

MacBook atau iMac?

BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT

Setelah beberapa bulan pemakaian, terkadang kamu kurang aware dan perhatian pada Mac kamu Joe…, entah berserakan diatas Kasur, keluar masuk ransel dengan kasar, menggunakannya di ruangan yang berdebu dan sirkulasi udara yang buruk? Lalu Ketika kamu menggunakannya dengan sangat keras seperti mengedit Video berdurasi Panjang, Foto beresolusi tinggi, mengekspor gambar RAW, atau rendering animasi yang kompleks, tentunya membuat MacFan bekerja dengan lebih keras yang menyebabkan menumpuknya debu pada bagian dalam Mac.

Berdasarkan hal itu, sudahkah kamu memperlakukan Mac kamu dengan benar ? kalo belum, segera Tobat Joe!!!!

Perhatikan Alas Mac Kamu !

Satu point penting yang perlu diperhatikan adalah ALAS !!!. Perhatikan alas yang kamu gunakan sebagai tumpuan MacBook atau iMac kamu Joe….

Hal ini perlu menjadi catatan, apabila kamu mengoprasionalkan MacBook kamu dengan pekerjaan berat seperti Editing Video, Rendering Raw Image dan beralas yang empuk dan lembut sebagai contoh di Kasur atau Sofa akan membuat MacBook kamu cepat Overheat, hindari hal ini ya Joe.. Karena permukaan yang empuk akan menghambat sirkulasi udara dimana udara segar yang masuk akan terhambat, dan Air Output akan juga terhambat. Ini yang menyebabkan MacFan kamu bekerja lebih ekstra dari pemakaian biasanya.

Oleh karena itu, memperhatikan alas yang digunakan sebagai tumpuan MacBook sangat penting, menggunakan Meja, Kaca, atau material keras lainnya sebagai alas akan membantu MacFan bekerja dengan optimal dan ringan tanpa beban Joe…

Lalu? Bagaimana dengan iMac? Yups tentunya persoalan perdebuan duniawi juga perlu diperhatikan Joe !, hindarkan penempatan iMac di area yang berdebu dan panas, gunakan kipas angin jika ruanganmu tidak ber-AC Joe atau lebih baik lagi tempatkan iMac di bawah AC ruangan kamu.

Tidak hanya itu, jangan lupa juga bersihkan debu di sekitaran iMac kamu yang menumpuk, agar sirkulasi udara lancar, dan ruangan kerjamu bersih Joe. Ini akan memaksimalkan MacFan dalam beroperasi sehingga meminimalisir Overheat pada iMac kamu Joe…

Apakah kamu sudah memperhatikan alas saat Mac kamu bekerja Joe ?, kalau belum Tobat Joe Tobat !!!

 

End Task Software & Apk Yang Tidak Penting !!!

BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT

Saat sedang mengoperasikan MacBook atau iMac, kamu mungkin terlena, banyak sekali Aplikasi dan Software latar belakang yang sedang bekerja, Update mungkin sedang men-Download, Library sedang mengsinkronasikan Foto, Back-Up sedang memproses data, dan lain sebagainya. Ya, memang ini sebenarnya bukan sebuah masalah, karena Mac di-Design dengan baik untuk memproses pengerjaan-pengerjaan berat secara Multiprocessing. Namun diluar itu, untuk memaksimalkan CPU saat memproses sebuah data yang memang sedang kamu kerjakan, hal-hal diluar pekerjaan tersebut sebaiknya di End Process agar Mac tidak bekerja 2 ataupun 3 kali lebih berat.

Kemungkinan lain adalah ketika aplikasi latar belakang tersebut ternyata menyebabkan Crash . Proses Background Crash dapat menyebabkan penggunaan CPU yang berlebih. Namun ketika kamu matikan, Mac akan bekerja sesuai dengan porsi yang dibutuhkan Kembali.

Untuk memeriksa apa yang terjadi di latar belakang, lakukan step-by-step berikut.

buka Activity Monitor. Kamu dapat menemukannya dalam Applications > Utilities.

Klik pada tab CPU dan kemudian kolom CPU untuk mengurutkan semua proses yang berjalan berdasarkan penggunaan CPU. Jika ada yang menggunakan jumlah tidak wajar, katakanlah 120%, dan itu bukan Lightroom atau Premiere, maka proses tersebut mungkin mengalami crash.

Beberapa aplikasi ini secara tidak langsung mungkin telah menggunakan sekitar 10% – 30% CPU Operating Mac kamu yang menyebabkan penggunaan CPU berlebih dan Overheat pun akan terjadi.

Terlepas dari mengapa kamu perlu mematikan proses pada latar belakang, metodenya tetap sama. Pilih proses dan klik tombol X hitam pada sudut kiri atas. Sebuah kotak dialog konfirmasi akan muncul jadi pilih Quit—atau, jika proses mengalami crash, Force Quit—untuk mematikannya.

 

Bersihkan Ventilasi MacBook Secara Rutin !

BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT

Jika tips yang menyangkut Software diatas tidak menimbulkan perubahan pada Overheating MacBook atau iMac kamu, sekarang saatnya masuk ke kasus Penumpukan Debu pada jalur sirkulasi udara Mac kamu Joe !. Bersihkan bagian luar dengan menggunakan kain yang sedikit basah mungkin membantu, namun juga kamu tidak puas akan ini, semprot Ventilasi Mac kamu menggunakan kompresor atau alat penyemprot udara lainnya seperti yang digunakan untuk Lensa Camera Joe…

Hal ini mungkin cukup membantu MacFan kamu bekerja dengan lebih maksimal dalam men-Supply udara dari luar kedalam Mac, maupun membuang udara panas dari dalam Mac.

Jika dengan hal ini masih belum menerangkan kasus Overheat kamu, bukalah penutup bawah MacBook kamu (hal ini disarankan hanya pada MacBook, tidak dengan iMac ya Joe !) lalu membersihkan secara langsung MacFan internal MacBook kamu Joe…

Jika kamu merasa cukup percaya diri untuk melakukannya, gunakan obeng P5 (Banyak dijual di Toko peralatan komputer) lalu lepaskan penutup bawah MacBook. Perhatikan dengan baik dimana saja posisi baut penutup bawah MacBook dan ingat-ingat semuanya !, lalu lakukan pembersihan pada kipas internal MacBook menggunakan kompresor dengan tekanan cukup.

Jika debu adalah penyebab Mac kamu Overheat ? tentunya sekarang masalah sudah terselesaikan Joe !

 

Install MFC (Mac Fan Control) Pada MacBook

Jika Overheat pada Mac kamu terlalu parah dan sekiranya kamu perlu membuat MacFan bekerja lebih ekstra, install software Mac Fan Control !. Pada umumnya MacFan akan bekerja sesuai dengan porsi CPU yang digunakan, jika kamu menggunakan program berat pada Mac tentunya MacFan akan bekerja lebih keras dibanding dengan penggunaan yang santai. Namun jika saat Low CPU Processing saja Mac kamu sudah Overheating, yups, segera install Mac Fan Control

Dengan Mac Fan Control kamu dapat melihat temperatur semua komponen utama.

Untuk mengontrol kipas pada MacBook ataupun iMac kamu, lakukan panduan berikut ; buka Mac Fan Control dan klik pada tombol Custom untuk kipas yang ingin kamu control kecepatan putarannya. Entah memasukkan nilai custom atau memilih Nilai berdasarkan sensor. Kamu dapat memilih komponen yang ingin kamu gunakan untuk menentukan kecepatan kipas. Direkomendasikan untuk memilih salah satu antara CPU dan GPU.

Dengan meningkatkan kecepatan kipas lebih awal, semua komponen dalam Mac akan dijaga tetap dingin. Dengan hal ini memungkinkan untuk dapat mengurangi resiko pada saat Mac kamu Overheat.

 

Bawa Mac Kamu Ke Professional Apple Store

Jika semua tips diatas sudah kamu lakukan namun tak kunjung menyelesaikan masalah, mungkin dengan membawanya ke Profesional adalah opsi tepat untuk memperbaiki kasus Overheating pada Mac kamu Joe !. MacBook ataupun iMac kamu mungkin membutuhkan penanganan lebih seperti penambahan Thermal Paste pada CPU ataupun dengan Clean Up Mac kamu secara keseluruhan, atau mungkin diperlukan Upgrade SSD pada Mac kamu.

Demikianlah artikel kami dalam : BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT Punya masalah dengan Produk Apple anda? Apple Service Surabaya adalah Penyedia layanan Service Produk-produk Apple seperti :

Artikel Terkait : BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

iJOE Apple Service Surabaya Kami Melayani Service Apple, Service iPhone, Service MacBook, Service iPad, Service iMac di Kota Surabaya dan Sekitarnya.

Service iPhone : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPhone, iJOE Surabaya selalu mengedukasi calon customer sebelum pengerjaan Service iPhone dilanjutkan.

Service iPad : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPad yang tentunya lebih besar dan berisiko dari iPhone, Tentunya kita akan lakukan pengecakan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan estimasi biaya Service iPad Tersebut.

Service Macbook Center : iJOE Surabaya, untuk pengerjaan Service Macbook kita mengedepankan pengecekan yang intens dan detail, karena dalam pengerjaan Service Macbook sangat berisiko dan memang dibutuhkan tenaga Profesional yang berpengalaman

Service iMac Surabaya : iJOE Surabaya memiliki teknisi spesialis untuk pengerjaan iMac anda. Dalam pengerjaan kami transparan dan anda dapat melihat langsung proses pengerjaannya.

Kunjungi Outlet Spare Part dan Service produk Apple kami di Jl. Raya Menur No.2 C, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286, Indonesia.

Ingin berkonsultasi masalah produk apple anda? Silahkan hubungi kami di kontak berikut:

Customer service IJOE Apple Service Surabaya akan selalu siap melayani anda!

www.appleservicesurabaya.co.id

Salam iJOE Dalam Artikel : BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT

BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT BEBERAPA PENYEBAB MACBOOK OVERHEAT

 214 total views,  2 views today

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top

Мега Сайт Площадка Зеркало