skip to Main Content
TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS !

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

            Mungkin ada sebagian orang di Indonesia maupun di luar negeri yang ingin membeli iPhone namun mereka tidak sanggup memenuhi harga tinggi yang dipatok oleh Apple. Maka dari itu, banyak dari mereka yang rela memburu iPhone dalam kondisi bekas pemakaian, alasan utama nya yaitu agar mereka bisa mendapatkan ponsel Apple dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

            iPhone memang terkenal sebagai ponsel dengan harga yang cukup mahal, apalagi di saat ketika awal peluncuran seri iPhone terbaru, missal seperti yang terjadi pada peluncuran iPhone 13 series, sebagai model tertinggi dari iPhone 13, harga awal dari iPhone 13 Pro Max bisa mencapai Rp30 Juta.

            Fakta yang lain, seri iPhone yang lebih lama yaitu iPhone 12 Pro Max, kini masih memiliki kisaran harga sebesar Rp20 Juta dalam kondisi baru, sebagaimana tertera pada marketplace iBox.

            Namun di sisi yang lain, harga iPhone second pastinya jauh lebih murah daripada harga iPhone dalam kondisi terbaru. Sebagai contoh, iPhone 12 Pro Max bekas kini memiliki harga pada kisaran Rp15 juta, dipantau dari marketplace pada laman aplikasi facebook.

            Oleh karena itu, membeli iPhone dalam kondisi bekas menjadi salah satu jalan keluar untuk bisa mendapatkan ponsel iPhone dengan harga yang lebih ramah di kantong. iPhone bekas memang memiliki harga yang lebih murah, namun perlu diingat bahwa iPhone bekas juga memiliki persoalan yang perlu diketahui terlebih dahulu.

            Pada dasarnya, iPhone second adalah ponsel yang sudah pernah dipakasi oleh pengguna sebelumnya. Jadi, kemungkinan adanya beberapa gangguan, kerusakan, hingga penurunan performa, bisa sangat mungkin terjadi pada iPhone bekas.

            Maka dari itu, sebelum kalian memutuskan untuk membeli iPhone second, penting untuk memeriksa kondisinya terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari. Meskipun memiliki harga yang murah, tapi jika iPhone bekas yang didapat justru memiliki banyak masalah, malah akan membuat kalian rugi. Karena komponen serta biaya perbaikan iPhone juga tidak murah.

            Untuk menghindari persoalan-persoalan tersebut, iJOE punya tips untuk membeli iPhone bekas agar kalian tidak tertipu, simak sampai habis yaa…           

1. Pastikan iPhone Menyala Dengan Baik

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

Cara memastikan iPhone menyala dengan benar yaitu dengan mencoba untuk mematikan iPhone yang ingin kalian beli dan menyalakan kembali dengan tombol power. Pastikan iPhone itu dapat masuk ke layar home saat selesai booting.

            Pada saat ketika booting, namun iPhone terhenti di logo Apple dan tidak segera masuk pada layar home, maka kemungkinan besar perangkat iPhone tersebut memiliki gangguan.

2. Periksa Dengan Teliti Housing iPhone !

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

Selanjutnya, kalian perlu memeriksa bodi pada perangkat iPhone yang hendak kalian beli. Kalian dapat mengecek bodi iPhone pada bagian bezel hingga punggung ponsel. Jika terdapat lecet, retak, ataupun pecah pada bodi iPhone tersebut, maka kemungkinan iPhone itu telah terbentur dengan benda yang keras. Dengan terjadinya benturan tersebut, bisa saja memengaruhi komponen yang ada di dalam ponsel.

3. Periksa Fungsi Semua Tombol Pada iPhone

            Hal berikutnya yang perlu kalian periksa ketika ingin membeli iPhone bekas adalah memeriksa fungsi pada tombol iPhone. Iphone memiliki beberapa tombol yang tersemat pada bodi, di antara lain yaitu tombol volume, tombol silent, tombol Home (untuk iPhone model Touch ID), serta tombol Power. Pastikan semua tombol tersebut bisa ditekan dan dapat bekerja secara normal.

 

4. Pastikan Apple ID Kosong !

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

Setelah itu, kalian perlu memastikan jika Apple ID pada iPhone yang akan kalian beli telah kosong. Berjalannya iPhone membutuhkan Apple ID atau akun pengguna. Setiap iPhone hanya dapat dimasukkan satu Apple ID yang terdiri atas username dan password.

            Jika masih ada Apple ID yang terdaftar pada iPhone tersebut, maka kalian akan kesusahan untuk mengoperasikan iPhone secara bebas. Kalian pun jadi tidak bisa mengunduh aplikasi dan reset iPhone secara bebas.

            Adanya Apple ID pada iPhone bekas bisa diketahui dengan cara klik menu “Pengaturan”. Kemudian akan muncul kolom yang berusi informasi Apple ID di bagian atas menu itu. Jika Apple ID telah kosong, maka tidak akan terdapat nama akun pengguna.

5. Check Battery Health iPhone !!!

Kemudian, kalian juga perlu memeriksa kesehatan serta fungsi baterai pada ponsel iPhone. Baterai iPhone bekas pasti akan kehilangan performa karena digunakan oleh pengguna sebelumnya. Namun selama baterai iPhone tidak memiliki indikastor “Service”, maka iPhone tersebut masih dapat digunakan secara normal.

            Status baterai iPhone bisa dilihat di opsi “Baterai” di menu “Pengaturan”. Pastikan baterai tidak dalam status “Service”. Kalian juga harus memeriksa pengoperasian baterai dengan mengisi dayanya.

             Tunggu hingga persentase daya meningkat. Jika persentase pengisian daya tidak meningkat saat mengisi daya, kemungkinan besar baterai iPhone telah mengalami kerusakan.  

6. Periksa Fungsi Camera iPhone

Kamera adalah bagian fitur yang cukup esensial pada ponsel iPhone, maka kalian juga harus memeriksa fungsi kamera pada iPhone yang akan dibeli. Kalian dapat memeriksa fungsi semua kamera yang ada pada iPhone dengan mencobanya untuk mengambil gambar atau video. Kemudian, lihat hasil tangkapan dari kamera tersebut. apabila ada noda atau bitnik hitam, kemungkinan kamera pada iPhone tersebut memiliki gangguan.

7. Periksa Fungsi Audio (microphone dan speaker)

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

Kalian dapat memeriksa fungsi speaker iPhone dengan mencoba audio dari musi atau video. Pastikan suara yang keluar dengan baik dari lubang speaker iPhone. Pastikan juga suara yang keluar dari speaker terdengar jelas dan tidak pecah.

            Sedangkan untuk microphone, kalian dpat mencoba fungsinya dengan melakukan perekaman suara. Jika telah merekam tapi tidak muncul suara atau suara yang dihasilkan pecah, maka dapat dipastikan microphone tersebut bermasalah.

8. Pastikan Konektivitas Internet iPhone Dalam Kondisi Normal

Hal terakhir yang perlu kalian ketahui sebelum membeli iPhone bekas yaitu memastikan semua fitur konektivitas iPhone berjalan dengan lancar, seperti pada jaringan seluler dan WiFi.

            Selain dari sisi perangkat, kalian juga harus perlu memahami bagaimana peredaran iPhone bekas di Indonesia. iPhone bekas yang beredar di Indonesia setidaknya terbagi menjadi tiga jenis, yakni iPhone resmi, iPhone BM, dan iPhone HDC

            iPhone resmi merupakan iPhone yang asli diproduksi oleh Apple dan didistribusikan ke Indonesia sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan iPhone BM (Black Market) merupakan iPhone yang asli diproduksi Apple, namun tidak didistribusikan sesuai aturan yang berlaku

            Kemudian, iPhone HDC adalah iPhone abal-abal atau tiruan yang tidak diproduksi oleh Apple. iPhone bekas resmi biasanya dikenal juga dengan “eks garansi iBox”, karena ponsel dulu dibeli dalam kondisi baru dari iBOX selaku distributor yang sah secara aturan.

            Sedangkan iPhone bekas BM biasanya disebut “eks garansi internasional”, karena ponsel mungkin dulu dibeli dalam kondisi baru dari luar negeri yang diedarkan tanpa mengikuti aturan di Indonesia.

            Dari tiga jenis tersebut, yang memungkinkan untuk dibeli adalah jenis iPhone resmi. iPhone bekas resmi tidak bakal terkena pemblokiran jaringan seperti iPhone bekas BM. Kualitasnya pun sangat jauh lebih baik dibanding iPhone HDC. Dikutip dari KOMPAS.com

Demikianlah artikel kami dalam : BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS Punya masalah dengan Produk Apple anda? Apple Service Surabaya adalah Penyedia layanan Service Produk-produk Apple seperti :

Artikel Terkait : BAGAIMANA CARA MERAWAT MACBOOK ?

iJOE Apple Service Surabaya Kami Melayani Service Apple, Service iPhone, Service MacBook, Service iPad, Service iMac di Kota Surabaya dan Sekitarnya.

Service iPhone : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPhone, iJOE Surabaya selalu mengedukasi calon customer sebelum pengerjaan Service iPhone dilanjutkan.

Service iPad : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPad yang tentunya lebih besar dan berisiko dari iPhone, Tentunya kita akan lakukan pengecakan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan estimasi biaya Service iPad Tersebut.

Service Macbook Center : iJOE Surabaya, untuk pengerjaan Service Macbook kita mengedepankan pengecekan yang intens dan detail, karena dalam pengerjaan Service Macbook sangat berisiko dan memang dibutuhkan tenaga Profesional yang berpengalaman

Service iMac Surabaya : iJOE Surabaya memiliki teknisi spesialis untuk pengerjaan iMac anda. Dalam pengerjaan kami transparan dan anda dapat melihat langsung proses pengerjaannya.

Kunjungi Outlet Spare Part dan Service produk Apple kami di Jl. Raya Menur No.2 C, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286, Indonesia.

Ingin berkonsultasi masalah produk apple anda? Silahkan hubungi kami di kontak berikut:

Customer service IJOE Apple Service Surabaya akan selalu siap melayani anda!

www.appleservicesurabaya.co.id

Salam iJOE Dalam Artikel : BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

BEBERAPA TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS

 223 total views,  1 views today

This Post Has One Comment

  1. Yahhh, telat baca nih :(, gapapasiiii, terlanjur beli iPhone bekas, walaupun ada sedikit kendala, tapi tetep dibantu nih ama iJOE… hehehehe, rekomendasi tempat service Apple di surabaya sih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top

Мега Сайт Площадка Зеркало