skip to Main Content
SERVICE APPLE SURABAYA

SEGALA HAL TENTANG KAMERA IPHONE

iJOE Apple Service Surabaya Dalam Artikel Segala Hal Tentang Kamera iPhone. Kami Melayani Service Apple, Service iPhone, Service MacBook, Service iPad, Service iMac di Kota Surabaya dan sekitarnya.

SERVICE IPHONE
iJOE Surabaya

Hello Fellas !!!, iPhone memiliki kulitas jepretan kamera yang sangat luar biasa tajam, fokus dan juga stabil saat melakukan rekaman hal ini merupakan salah satu ke unggulan dari ponsel pintar besutan Amerika, selain Smartphone yang anti lelet juga memiliki kualitas kamera yang hampir menyamai kualitas kamera profesional jaman sekarang, Untuk menjadi fotografer handal, kamu tidak harus punya kamera profesional lagi. Cukup dengan kamera iPhone saja kamu sudah bisa mengabadikan momen di sekitarmu menjadi foto yang ciamik. Apalagi 13 September 2019, Apple resmi meluncurkan rangkaian iPhone terbaru dengan kamera yang sangat canggih – iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max – tidak sekadar dua kamera, tapi kali ini tiga kamera dalam satu smartphone. Untuk menjadi fotografer handal, kamu tidak harus punya kamera profesional lagi. Cukup dengan kamera iPhone saja kamu sudah bisa mengabadikan momen di sekitarmu menjadi foto yang ciamik. Apalagi 13 September 2019, Apple resmi meluncurkan rangkaian iPhone terbaru dengan kamera yang sangat canggih – iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max – tidak sekadar dua kamera, tapi kali ini tiga kamera dalam satu smartphone. Berikut adalah artikel dari www.appleservicesurabaya.co.id dalam Segala Hal Tentang Kamera iPhone

 

iPhone Generasi Pertama 2G hingga 3GS

SERVICE CENTER IPHONE SURABAYA
iJOE Surabaya

Pada rentang tahun 2007 hingga 2009, kamera iPhone masih menyatu dengan bodi alias tidak menonjol seperti seri terbarunya. Rata-rata kamera memiliki diameter 4,5mm hingga 5mm dengan resolusi 2MP dan 3MP.

  • iPhone Generasi Pertama “2G” (2007):
  • iPhone pertama yang dibuat Apple, memiliki kamera 2MP dengan resolusi 1600 x 1200. Pada tahun itu termasuk kamera handphone dengan kualitas terbaik. Bodinya cukup tebal, namun lubang kameranya kecil dengan diameter hanya 4,5mm.
  • iPhone 3G (2008):
  • Tidak banyak perubahan pada kamera iPhone 3G, masih dengan kamera 2MP dan resolusi yang sama. Hanya saja diameter kameranya lebih besar 0,5mm.
  • iPhone 3GS (2009) :
  • Meskipun seperti kembar identik dengan iPhone 3G, iPhone 3GS hadir dengan resolusi kamera lebih tinggi yaitu 3MP dan sudah dapat merekam video beresolusi VGA (640×480). Selain itu kamera iPhone 3GS sudah punya auto-focus dan auto-white balance

 

iPhone 4 hingga iPhone 5 

SERVICE CENTER IPHONE SURABAYA
iJOE Surabaya

Tahun 2010 merupakan tahun yang cukup menegangkan untuk Apple. Prototype iPhone 4 yang akan diluncurkan malah hilang karena kelalaian salah satu pegawainya. Bahkan prototype itu bocor di internet dan membuat Steve Jobs cukup kesal.

Pada Apple iPhone 4 ini mungkin kamu sudah mulai menyadari ada perubahan pada kamera iPhone. Kualitas kameranya jauh meningkat menjadi 5MP dengan tambahan LED flash, termasuk kualitas rekaman video yang menjadi HD (720p). Spesifikasi kamera yang semakin tinggi dan eleman kamera yang terus bertambah, diameter kamera pun jadi lebih besar yaitu 6mm. Dan jika kamu sadar, kali ini kamera iPhone memiliki ring yang menonjol.

Generasi berikutnya, iPhone 4S masih mengadopsi desain dan besar yang sama seperti iPhone 4. Perubahan signifikan hanya terjadi pada resolusi kamera yang meningkat menjadi 8MP serta penambahan fitur face detection.

Tahun 2012 iPhone 5 muncul masih dengan desain kamera yang sama dengan iPhone 4 dan 4S namun mengalami perbaikan kualitas kamera. Perubahan justru terjadi pada iPhone 5S pada tahun 2013 dimana smartphone ini tidak lagi memiliki ring. Selain itu iPhone 5S punya dual LED flash untuk menghasilkan hasil foto dengan warna yang lebih akurat. Di samping kemunculan iPhone 5S, iPhone 5C turut serta hadir sebagai versi “low-cost” iPhone dengan bodi plastik. Kualitas kamera sama dengan iPhone 5S, tapi kamera tidak memiliki ring dan LED flash hanya satu.


Rangkaian Seri iPhone 6 hingga iPhone 5SE

APPLE SERVICE CENTER SURABAYA
iJOE Surabaya

 Rangkaian seri iPhone 6 merupakan langkah baru Apple untuk memperkenalkan iPhone yang lebih tipis. Namun di rangkaian seri iPhone 6 inilah tonjolan kamera iPhone mulai benar-benar terlihat. Kamera iPhone 6 menonjol kurang lebih 1mm dari bodinya dan memiliki ring metal. Banyak yang tidak puas dengan desain kamera baru ini karena tak sedap dipandang. Selain itu tonjolan ini membuat iPhone tidak dapat diletakkan di tempat datar karena tidak stabil.

Dari iPhone 6 hingga 6S Plus, Apple tetap mempertahankan desain kamera iPhone yang menonjol dan memiliki ring metal. Perubahan hanya terjadi pada kualitas kamera iPhone 6S dan 6S Plus menjadi beresolusi 12MP.

Uniknya setahun setelah iPhone 6S dan 6S Plus muncul, Apple melansir iPhone 5SE yang dikutip dari Mashable merupakan sebuah anomali. Smartphone ini memiliki bodi iPhone 5S namun kameranya adalah gabungan dari iPhone 6S dan 5S (kamera belakang 12MP dan kamera depan 1.2 MP). Selain itu kamera belakang iPhone 5SE tidak menonol melainkan datar seperti rangkaian iPhone 5 dan 5S. Meskipun begitu, iPhone 5SE adalah iPhone terakhir yang kameranya tidak menonjol.

Lalu bagaimana desain kamera iPhone setelah kehadiran iPhone 5SE?

 

iPhone 7 hingga iPhone 8

APPLE SERVICE CENTER SURABAYA
iJOE Surabaya

Tahun 2016, iPhone melansir smartphone terbarunya yaitu iPhone 7 dan 7 Plus. Pada kedua seri iPhone ini terlihat bahwa desain kamera belakang berubah cukup drastis. Pertama, iPhone 7 kini tidak lagi menggunakan ring metal, Apple justru mencampur tonjolan kamera tersebut dengan bodi iPhone sehingga terlihat menyatu. Desain ini sudah cukup membaik dari sebelumnya, walaupun tonjolan kamera tetap ada.

Kedua, sesuai namanya dengan embel-emble “Plus”, iPhone 7 Plus dibekali kamera sekunder dengan lensa “2x telephoto” tepat di sebelah kamera utama. Desain kamera horizontal dan keduanya dalam satu frame lonjong. Tentu saja desain kamera lebih menonjol dari sebelumnya. Bagi banyak orang, mereka tak masalah dengan kamera yang menonjol ini asalkan setimpal dengan profesionalitas kamera. Kamera yang menonjol ini pun turut menyatu dengan bodi seperti iPhone 7. iPhone 8 dan 8 Plus masih mengikuti formula desain iPhone 7 dan 7 Plus. Namun yang membedakannya adalah Apple membawa kembali ring metal untuk seri iPhone 8 dan 8 Plus.

 

iPhone X

SERVICE IPHONE TERDEKAT
iJOE Surabaya

Tahun 2018 merupakan momen penting Apple. Mereka memperkenalkan iPhone X, seri terbaru iPhone tanpa tombol Home dan hadir dengan dual kamera vertikal yang besar. Kamera utama, kamera sekunder, dan LED flash berada dalam satu frame sebesar 24.19mm x 11.7mm x 1.22 mm.

Kualitas kamera iPhone X sendiri tak berbeda jauh dengan iPhone 8 Plus. Perbedaannya hanya pada kamera sekunder X memiliki f/2.4 sementara 8 Plus memiliki f/2.8. Hingga iPhone XS dan XS Max muncul, Apple masih mempertahankan desain kamera yang sama, dual kamera vertikal.

Di tahun yang sama Apple turut menghadirkan iPhone XR, versi “low budget” untuk seri X. Berbeda dengan seri iPhone X lainnya, iPhone XR hanya memiliki satu kamera saja dengan desain yang lebih minimalis. Kamera iPhone XR masih tetap menonjol, tetapi tidak dengan ring metal atau ring yang menyatu dengan bodi. Desain kamera iPhone XR melainkan benar-benar membuat kamera menonjol tanpa menyatu dengan bodi dan ring.

 

iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

SERVICE IPHONE TERDEKAT
iJOE Surabaya

Pada seri terbaru iPhone di tahun 2019 ini, iPhone menghadirkan smartphone dual kamera pada iPhone 11 dan memperkenalkan sistem tiga kamera pada iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max. Ketiga kamera ini punya banyak fitur baru untuk iPhone seperti fitu wide, ultra wide, dan telephoto yang lebih canggih. Dipastikan kamu akan merasakan pengalaman kamera pro-level dalam sebuah smartphone.

Namun, desain kamera iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max ini menjadi lelucon bagi banyak orang. Desainnya dianggap buruk. Sampai-sampai internet diramaikan dengan meme atau lelucon tentang kamera iPhone ini. Bahkan ada yang mengatakan bahwa desain kamera ketiga iPhone ini memicu tyrophobia.

Berbeda dengan seri iPhone X dan iPhone 8, desain kamera iPhone 11, Pro, dan Pro Max jauh berubah. Tonjolan kamera menjadi double. Tonjolan pertama berbentuk kotak bak wadah untuk kamera dan LED flash. Kemudian tonjolan kedua adalah kamera itu sendiri. Bukan hanya itu saja, bahkan diameter kamera lebih besar dari kamera-kamera iPhone sebelumnya. Bentuk ini benar-benar unik hingga memicu banyak perbincangan dan perdebatan.

Meskipun desainnya mengalamiperdebatan, tak dapat dipungkiri jika masing-masing kamera iPhone ini memiliki kelebihan yang saling melengkapi :

  • iPhone 11 : 
    dua kamera belakang, 12 MP Wide dan 12 MP Ultra Wide.
  • iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max :
    tiga kamera belakang, 12 MP Wide, 12 MP Ultra Wide, dan 12MP Telephoto.

 


iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

IPHONE SERVICE SURABAYA
iJOE Surabaya

Pada Tahun 2020 Apple secara resmi meluncurkan  iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Untuk sistem kamera iPhone 12 Mini dan iPhone 12 reguler dibekali dengan kamera ultra wide 12 MP dan kamera wide 12 MP dengan bukaan f/1.6. Kamera TrueDepth 12 MP dengan bukaan f/2.2 menjadi kamera selfie.

Apple mengatakan bukaan ini merupakan yang tercepat di iPhone. Bukaan  menyediakan 27 persen lebih banyak cahaya untuk foto dan video dengan cahaya redup yang lebih berkualitas.

Apple menyatakan AI kamera juga ditingkatkan dalam bentuk Night Mode (mode Malam) dan Deep Fusion yang lebih cepat di kamera TrueDepth, Wide, dan Ultra Wide untuk menghasilkan foto berkualitas di lingkungan apa pun.

Apple mengklaim pengguna akan merasakan gambar yang lebih cerah dan kontras yang lebih baik untuk foto yang diambil dalam pengaturan cahaya redup dengan mode Malam, dan lebih banyak tekstur dan lebih sedikit noise di foto Deep Fusion.

Apple juga menyematkan Smart HDR 3 (High Dynamic Range) yang menggunakan machine learning untuk secara cerdas menyesuaikan white balance, kontras, tekstur, dan saturasi foto.

iPhone 12 menghadirkan kamera pertama yang merekam video HDR dengan Dolby Vision dan merupakan perangkat pertama dan satu-satunya di dunia yang memungkinkan pengalaman Dolby Vision dari secara end to end. Pengguna bisa dengan mudah untuk merekam mengedit, dan berbagi video sekelas bioskop asli di iPhone. iPhone 12 dan iPhone 12 Mini memiliki kemampuan perekaman video HDR dengan Dolby Vision hingga 30 fps hingga dukungan video slo-mo untuk 1080p pada kecepatan 120 fps atau 240 fps. Penilaian Dolby Vision diproses secara langsung saat merekam, dan dipertahankan selama pengeditan, baik di app Photo atau iMovie. Pemutaran di iPhone 12 lebih realistis dari sebelumnya pada layar Super Retina XDR. iPhone 12 dan iPhone 12 Mini juga memiliki fitur stabilisasi video sinematik yang lebih baik, video selfie yang lebih nyata dengan Dolby Vision, dan Time-Lapse mode menawarkan waktu eksposur yang lebih lama. Mode Time-Lapse diklaim mampu menghasilkan video yang lebih tajam, jejak cahaya yang lebih baik, dan eksposur yang lebih halus dalam skenario cahaya rendah. saat digunakan dengan tripod. Sedangkan untuk IPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki kamera tiga kamera di bagian belakang, yakni ultra wide 12MP bukaan ƒ / 2.4, wide 12MP bukaan ƒ / 1.6, dan telefoto 12MP bukaan ƒ / 2.0. Di bagian depan, iPhone 12 dilengkapi sebuah kamera TrueDepth 12MP bukaan ƒ / 2.2.

iPhone 12 Pro menghadirkan kamera wide dengan bukaan f/ 1.6 yang paling cepat di iPhone. Bukaan ini meningkatkan kinerja di cahaya rendah sebesar 27 persen dalam foto dan video. iPhone 12 Pro juga dibekali dengan kamera Ultra Wide dengan bidang pandang 120 derajat yang bisa digunakan untuk menangkap foto dengan sudut yang lebih lebar. Terakhir ada kamera Telefoto dengan panjang fokus 52 mm yang memiliki kemampuan zoom optik 4x.

Sementara itu,  iPhone 12 Pro Max memiliki kamera yang paling mumpuni di antara keempat varian. iPhone 12 Pro Max dibekali kamera lebar aperture ƒ / 1.6 yang menawarkan sensor 47 persen lebih besar dengan 1,7μm piksel. Kamera itu untuk memiliki peningkatan performa sebesar 87 persen dalam kondisi cahaya rendah. iPhone 12 Pro Max turut dibekali kamera Ultra Wide dan kamera Telefoto dengan panjang fokus 65 mm untuk meningkatkan fleksibilitas dengan bidikan yang lebih dekat. Sistem ini menawarkan rentang zoom optik 5x.

iPhone 12 Pro memiliki kemampuan perekaman video HDR dengan Dolby Vision hingga 60 fps hingga dukungan video slo-mo untuk 1080p pada kecepatan 120 fps atau 240 fps. Menariknya, iPhone 12 Pro dan Pro Max sudah dilengkapi dengan pemindai LiDAR yang dapat mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan cahaya untuk memantulkan kembali objek.

 

iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

IPHONE SERVICE SURABAYA
iJOE Surabaya

Pada tahun 2021 Apple meluncurkan iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max
untuk  iPhone 13 maupun iPhone 13 Mini sama-sama memiliki dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) 12 MP (f/1.6) dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.4, bidang pandang 120 derajat). Tidak ada kamera telephoto. Berbeda dari iPhone 12 sebelumnya, kedua kamera belakang itu tak disusun segaris secara vertikal, melainkan diagonal. Apple menjanjikan kamera ultra wide di iPhone 13 dan iPhone 13 mini bisa menangkap cahaya 47 persen lebih banyak dari sebelumnya. Namun, fitur yang paling menarik mungkin adalah teknologi Sensor-shift OIS yang disematkan di kamera utama (wide) kedua ponsel.

Sedangkan untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memiliki kamera belakang lebih banyak, yakni tiga buah yang terdiri dari kamera utama (wide) 12 MP (f/1.5), ultra wide 12 MP (f/1.8, dengan autofocus), dan kamera telefoto 12 MP (focal length 77mm, 3x optical zoom). Kamera ultra wide iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max bisa digunakan untuk membidik obyek jarak dekat alias makro. Pengguna bisa memotret obyek dari jarak 2 cm menggunakan ultra wide yang memiliki bidang pandang 120 derajat itu. Apple juga mengklaim kamera ultra wide di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max bisa menangkap cahaya 92 persen lebih banyak dibanding generasi sebelumnya. Sementara gambar dari kamera utama diklaim bisa 2,2 kali lipat lebih terang. Kamera utama di kedua ponsel ini pun dibekali teknologi Sensor-shift OIS. Night Mode bisa digunakan di seluruh kamera, termasuk telephoto untuk pertama kalinya. Selain itu ada fasilitas Cinematic Video untuk menerapkan efek bokeh ke rekaman video.

Kemudian ada fitur Night Mode Portrait untuk menjepret foto portrait di malam hari. Karena menggunakan sensor LiDAR, Night Mode Portrait hanya tersedia di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Duo ponsel teratas Apple ini turut memberikan fitur ProRes 4K 30 FPS untuk videografer, serta Photographic Styles yang mirip filter, tapi bisa diatur oleh pengguna dan diterapkan di tiap foto sehingga menghasilkan gaya visual yang konsisten. Kamera depan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max masih sama dengan sebelumnya, dengan unit 12 MP (f/2.2) yang didampingi kamera Face ID. Tapi, seperti juga iPhone 13 “reguler”, ukuran poni iPhone 13 Pro juga lebih ramping dari iPhone 12 Pro.

Demikianlah artikel situs appleservicesurabaya.co.id. dalam Segala Hal Tentang Kamera iPhone !

Punya masalah dengan Produk Apple anda? Apple Service Surabaya adalah Penyedia layanan Service Produk-produk Apple seperti :

SERVICE IPHONE
SERVICE IPAD
SERVICE IMAC
SERVICE MACBOOK
SERVICE APPLE

Artikel terkait : PENGGUNAAN IPHONE 7 DI TAHUN 2021

 

 

 

Service iPhone : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPhone, iJOE Surabaya selalu mengedukasi calon customer sebelum pengerjaan Service iPhone dilanjutkan.

 

Service iPad : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPad yang tentunya lebih besar dan berisiko dari iPhone, Tentunya kita akan lakukan pengecakan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan estimasi biaya Service iPad Tersebut.

 

Service Macbook Center : iJOE Surabaya, untuk pengerjaan Service Macbook kita mengedepankan pengecekan yang intens dan detail, karena dalam pengerjaan Service Macbook sangat berisiko dan memang dibutuhkan tenaga Profesional yang berpengalaman

 

Kunjungi Outlet Spare Part dan Service produk Apple kami di Jl. Raya Menur No.2 C, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286, Indonesia.
Ingin berkonsultasi masalah produk apple anda? Silahkan hubungi kami di kontak berikut:
Customer service IJOE Apple Service Surabaya akan selalu siap melayani anda!
Salam iJOE Dalam Artikel : Segala Hal Tentang Kamera iPhone

iJOE SERVICE APPLE SURABAYA :

  • SERVICE CENTER APPLE RESMI SURABAYA
  • SERVICE CENTER APPLE RESMI
  • APPLE SERVICE CENTER
  • APPLE SERVICE
  • APPLE AUTHORIZED SERVICE CENTER
  • APPLE CUSTOMER SERVICE
  • APPLE AUTHORIZED SERVICE PROVIDER

IJOE SERVICE IPHONE SURABAYA

  • IPHONE SERVICE
  • IPHONE SERVICE CENTER
  • SERVICE IPHONE SURABAYA
  • IPHONE NO SERVICE

IJOE SERVICE MACBOOK SURABAYA

  • SERVICE MACBOOK
  • MACBOOK SERVICE CENTER
  • SERVICE MACBOOK TERDEKAT
  • MACBOOK AIR M1
  • MACBOOK AIR

IJOE SERVICE IPAD SURABAYA

  • SERVICE IPAD PRO
  • SERVICE IPAD 2
  • IPAD SERVICE
  • APPLE IPAD SERVICE CENTER TERDEKAT
  • SERVICE IPAD SURABAYA

IJOE SERVICE IMAC SURABAYA

  • IMAC SERVICE
  • SERVICE IMAC
  • SERVICE IMAC TERDEKAT

Segala Hal Tentang Kamera iPhone

Segala Hal Tentang Kamera iPhone

Segala Hal Tentang Kamera iPhone

Segala Hal Tentang Kamera iPhone

 185 total views,  3 views today

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top

Мега Сайт Площадка Зеркало