skip to Main Content
SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY FI

SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY

SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY

Logo menjadi sebuah inisialisasi yang sangat penting bagi suatu perusahaan, setiap perusahaan memang harus memiliki Logo bukan?. Logo berfungsi sebagai tanda pengenal yang memungkinkan untuk diingat oleh pasar. Tentunya dari segi visual, logo diharuskan untuk tampil semenarik mungkin dan mudah diingat, artinya dalam penggambaran harus dibuat se-Iconic mungkin agar mudah diingat dan tidak mudah di plagiat.

Pada logo perusahaan raksasa satu ini misalnya, Apple.inc sampai merevisi tiga kali logo perusahaannya agar lepas dari isu-isu miring yang memungkinkan dapat terkena Copyright. Update Logo juga dilakukan agar minat pasar meningkat, dan menambah kesan elegan yang sesuai dengan pangsa pasar Apple.inc itu sendiri.

Pada ketikan cantik Official Website iJOE Apple Service & Workshop Surabaya kali ini, mari kita bahas secara mendalam Fakta menarik dibalik Logo Apple dari tahun ke tahun, dan bagaimana sebuah pendiri perusahaan raksasa ini berfikir dan mencari ide untuk men-design sebuah logo yang saat ini, atau mungkin seterusnya akan selalu membekas di hati para pengguna Gadget seperti Smartphone, PC, ataupun Tablet. Scroll terus Artikelnya ya Joe !!!

SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY 1

Ketika ada seseorang yang tak sengaja melihat sebuah logo apel dengan bekas gigitan di bagian sisinya, sebagian besar akan mengetahui kalau itu adalah logo produk atau perusahaan Apple. Sebab logo yang dimiliki Apple ini sangat ikonik dan banyak sekali ditemukan di mana-mana.

Menariknya, di era saat ini dan kehidupan sosial pada Gen Z ini, dari sebuah Logo saja sudah dapat menjadi tolok-ukur kekuatan finansial seseorang bukan?, namun para sobat iJOE yang cerdas dan berfikir kritis, tentunya tidak akan mudah terlena akan hal ini bukan?. Namun setidaknya, stereotype di negara kita ini berpendapat bahwa seseorang dengan Gadget yang dibagian belakangnya terdapat Logo Apple, akan menambahkan kesan mewah dan kaya bukan ?.

Meskipun hampir seluruh dunia mengetahui dan mengenali logo Apple, namun masih sedikit yang mengerti ada fakta apa saja dibalik logo itu. ada banyak teori dan cerita yang disebut melatarbelakangi logo Apple tersebut. Steve Jobs lah yang berperan sangat besar dalam pembuatan logo tersebut. Kali ini, iJOE akan membagikan fakta-fakta menarik di balik terciptanya logo perusahaan Apple ini.

Hal ini tentunya sangat menarik untuk dibahas bukan?, bagaimana sebuah Logo dapat meningkatkan strata sosial di masyarakat, bagaimana sang pencetus ide cermelang ini berfikir?, bagaimana buah Apel yang tergigit dibagian samping ini menjadi legenda dan legion di dunia Gadget elektronik.

Inspirasi Nama Perusahaan Apple

SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY 2

Menurut Steve Jobs, inspirasi dari nama dari perusahaan ini adalah ketika dia mengunjungi sebuah kebun apel saat sedang dalam masa mengatur pola makan dengan serba buah. Steve Jobs menilai jika nama yang diambil dari nama buah apel itu memiliki makna menyenangkan, penuh semangat, dan santai.

Hal itu juga menggambarkan sifat dari Steve Jobs sendiri. Jobs adalah seorang yang sederhana, selalu memiliki rasa optimis, daya juang yang tinggi, selalu fokus dalam melakukan apapun pekerjaan, namun juga selalu menikmati apapun pekerjaan itu. Oleh karena itu, nama “Apple” itu sangat cocok untuk dijadikan nama perusahaannya sendiri.

Fakta menarik lainnya adalah, pada tahun 1981, di dalam sebuah acara jumpa pers, ada seorang jurnalis yang bertanya tentang mengapa Jobs memilih nama Apple. Dan dia menjawab, “Saya suka apel dan suka memakannya. Namun gagasan utama di balik Apple adalah kesederhanaan kepada masyarakat, dengan cara yang paling canggih, dan itu saja, tidak ada yang lain.”

Ada pula teori lain yang mengatakan bahwa logo Apple terinspirasi karena Steve Jobs dan Steve Wozniak adalah penggemar band terkenal The Beatles. Akan tetapi, Apple.Inc pernah terlibat sengketa merek dagang nama dan logo dengan Apple Corps Ltd, perusahaan multimedia yang dirintis The Beatles tahun 1967. Kedua perusahaan ini pun jadi terlibat serangkaian gugatan hukum dan bersitegang satu sama lain. Namun permasalahan ini telah selesai pada tahun 2007.

 

Perubahan Logo Apple dari Masa ke Masa

Apple.inc telah beberapa kali melakukan ovolusi penggantian Logo perusahaan. Pergantian logo ini juga disebabkan oleh berbagai macam faktor, antara lain, adalah untuk memberikan suguhan wajah baru dan inovasi atau perubahan agar dapat terlihat lebih modern, menarik, ikonik, dan tentunya menjual. Meski ada banyak model logo yang pernah dibuat, secara garis besar fase evolusi logo Apple dibagi ke dalam tiga tahap.

Logo pertama Apple, ‘Newton Crest’

SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY 3

Pada tahun 1976, logo perusahaan pertama yang bertepatan juga dengan kali pertama peresmian perusahaan Apple yang saat itu masih pernama “Apple Computer Inc.”. Logo yang dinamakan Newton Crest ini pertama kali didesain oleh Ronald Wayne, teman dari Steve Jobs dan Steve Wozniak yang juga salah satu karyawan pertama Apple.

Di logo ini terdapat gambaran tokoh dunia Sir Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon apel. Logo ini sendiri memberikan sebuah ilustrasi pada ketika Isaac Newton menemukan hokum gravitasi.

Namun, logo yang terlihat sangat rumit ini tidak bertahan lama. Steve Jobs menganggap jika logo Newton Crest tidak cocok untuk menjadi logo perusahaan, karena terlalu rumit. Ia pun menganggap bahwa logo ini adalah salah satu penyebab utama gagalnya penjualan produk komputer Apple I di pasaran.

Logo kedua, ‘Rainbow Logo’

SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY 4

Logo Rainbow ini adalah logo pengganti logo Apple sebelumnya yang hanya dipakai selama beberapa bulan. Steve Jobs mengambil keputusan untuk mencari seorang desainer professional untuk mendesain logo pengganti Newton Crest.

Dan pada akhirnya, Steve Jobs dipertemukan dengan desainer grafis yang bernama Rob Janoff. Jobs mempercayakan Janoff untuk membuat logo perusahaan Apple yang baru. Jobs juga meminta kepada desainernya itu untuk dapat membuat logo yang simple namun terlihat sedikit modern.

Kemudian dengan kemampuan desain Janoff, dia berhasil membuat sebuah logo yang simple dan menerapkan desain berbentuk buah apel, yang di salah satu sisi nya terdapat sedikit gigitan dengan paduan warna seperti pelangi tetapi tak berurutan.

Logo ini bertahan selama lebih dari dua puluh tahun. Lebih tepatnya dari tahun 1976 hingga tahun 1998. Banyak spekulasi yang beredar tentang logo warna-warni ini. Salah satunya yaitu, banyak yang menyebut logo ini berkaitan dengan symbol bendera pelangi yang mencerminkan komunitas LGBT. Padahal hal tersebut tidak dibenarkan oleh Janoff.

Alasan dipilih nya warna pelangi bertujuan untuk merepresentasikan produk Apple II yang merupakan produk computer pertama yang bisa memproduksi gambar pada monitor yang berwarna.

Ada pula alasan mengapa ada bekas gigitan pada logo Apple. Hal itu dimaksudkan Janoff agar semua orang tahu bahwa buah yang dimaksud bukan buah ceri ataupun tomat, melainkan buah apel.

Logo yang bertahan hingga sekarang, ‘The Monochrome Logo’

SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY 5

Pada saat Steve Jobs kembali menjadi pemimpin perusahaan di tahun 1997, Apple telah menjadi perusahaan yang sangat diperhitungkan di pasar Personal Computer (PC) dunia. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang sedang menuju era 2000-an, Steve Jobs memutuskan untuk melakukan perubahan pada Rainbow Logo menjadi Monochrome Logo.

            Steve Jobs sempat merilis logo Apple yang berwarna hitam legam dan putih. Kedua logo ini sempat digunakan pada sejumlah produk computer Mac milik mereka. Namun pada tahun 2007, Steve Jobs memilih warna silver abu-abu atau yang biasa disebut warna monochrome. Steve Jobs menganggap warna monochrome ini merepresentasikan semangat pada zaman yang semakin modern.

Logo ini lah yang menjadi logo Apple hingga saat ini. Kalian pasti setuju jika desain logo perusahaan Apple adalah yang paling ikonik di dunia. Iya kan?

Demikianlah artikel kami dalam : SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY. Punya masalah dengan Produk Apple anda? Apple Service Surabaya adalah Penyedia layanan Service Produk-produk Apple seperti :

iJOE Apple Service Surabaya Kami Melayani Service Apple, Service iPhone, Service MacBook, Service iPad, Service iMac di Kota Surabaya dan Sekitarnya.

Service iPhone : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPhone, iJOE Surabaya selalu mengedukasi calon customer sebelum pengerjaan Service iPhone dilanjutkan.

 

Service iPad : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPad yang tentunya lebih besar dan berisiko dari iPhone, Tentunya kita akan lakukan pengecakan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan estimasi biaya Service iPad Tersebut.

 

Service Macbook Center : iJOE Surabaya, untuk pengerjaan Service Macbook kita mengedepankan pengecekan yang intens dan detail, karena dalam pengerjaan Service Macbook sangat berisiko dan memang dibutuhkan tenaga Profesional yang berpengalaman

 

Service iMac Surabaya : iJOE Surabaya memiliki teknisi spesialis untuk pengerjaan iMac anda. Dalam pengerjaan kami transparan dan anda dapat melihat langsung proses pengerjaannya.

Kunjungi Outlet Spare Part dan Service produk Apple kami di Jl. Raya Menur No.2 C, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286, Indonesia.

Ingin berkonsultasi masalah produk apple anda? Silahkan hubungi kami di kontak berikut:

Customer service IJOE Apple Service Surabaya akan selalu siap melayani anda!

www.appleservicesurabaya.co.id

 

Salam iJOE Dalam Artikel : SERBA-SERBI LOGO APPLE COMPANY

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top